3.1.19

Perbedaan itu indah

Dulu begitu kerasnya perbedaan golongan modernis (yang di wakili muhammadiyah)  dengan golongan tradisionalis (yang di wakili NU) sampai masalah qunut dan  jumlah rokaat sholat terawih selalu menjadi pembeda antar golongan, puncaknya adalah perbedaan perhitungan awal bulan ramadhan yang menyebabkan perbedaan hari raya, ingat kan kita pernah merayakan idul fitri dua kali.. He2..

Sekarang sepertinya sudah tidak dipermasalahkan lagi,  orang NU yang gak qunut juga banyak,  orang NU juga banyak yang jumlah terawihnya 11, biasaanya kalau terawih sendirian.. He2.. orang muhammadiyah juga sudah banyak yang mau ikut tahlilan kalau di undang, kemudian gak mempermasalahkan di masjid ada bedug, dsb. Proses saling memahami ini butuh proses yang sangat panjang sekali sampai akhirnya tidak mempermasalahkan perbedaan furuiyah.

Ketika muhammadiyah dan NU sudah 'sahabatan'  ada satu golongan lagi yang sekarang sedang 'promo' di mana-mana yaitu golongan salafi. Sebenarnya bukan golongan baru,  golongan ini sudah ada saat Arab Saudi dididirikan di tanah arab,  yaitu gerakan wahabi, gerakan yang ingin memurnikan islam sesuai alquran dan hadits. Gerakan wahabi juga yang menginspirasi KH.  Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah. Sebagai sponsor utama gerakan wahabi,  Arab Saudi menyebarluaskan faham wahabi ke seluruh dunia. Kalau di Indonesia melalui program belajar dan beasiswa oleh LIPIA yang sudah menghasilkan alumni ribuan,  alumni-alumni inilah yang saat ini menjadi penggerak salafi di Indonesia saat ini. Dakwah salafi juga macam-macam ada yang moderat mengikuti lingkungan ada juga yang keras, bahkan banyak yang menyinggung golongan lain terutama utk kaum tradisional (NU),  misal suka membid'ahkan kegiatan tahlil,  ziarah wali, memperingati maulud nabi muhammad, dsb. Padahal secara ibadah utama sama saja antara NU dan Salafi, cuma di NU banyak tambahannya,  dan tambahan2 ini yang di permasalahkan. 

Semoga benturan-benturan ini cepat mencair sehingga temen-temen salafi bisa mengikuti tahlil,  dan temen2 NU bisa menggunakan celana cingkrang, wong temen2 salafi dulunya juga NU atau Muhammadiyah, artinya kita semua adalah saudara He2....

0 Comments: