16.4.11

System Equipment Relaibility Priority

SERP adalah metode atau cara me-ranking tingkat keandalan suatu sistem peralatan dan untuk menentukan prioritas “analisis kebutuhan pemeliharaan”. SERP di perlukan karena jumlah sistem peralatan banyak, dampak kerusakan berbeda, harga penggantian part berbeda, keandalan masing-masing sistem peralatan berbeda dan sumber daya yang terbatas. Hasil dari proses SERP adalah Maintenance Priority Index (M P I).
Langkah penyusunan SERP  yang pertama adalah menentukan Sistem Peralatan, ini didasarkan pada sistem informasi yang di pakai. Kedua menentukan dampak kerusakan sistem peralatan dan tingkat keandalan dengan cara sebagai berikut :

  • SCR (System Criticality Ranking), yang terdiri 7 kategori  yaitu (1) Operational Cost (OC) bahwa Setiap unit akan menggunakan prosentase biaya pemeliharaan rata-rata selama tiga tahun. Data disediakan melalui DM Finance. (2)Process Throughput/Availability (PT), didefinisikan sebagai efek kegagalan yang menggambarkan penurunan kemampuan produksi. (3) Product Quality (PQ) didefinisikan sebagai pengaruh pada “ramp” rate untuk unit pada kapasitas terpasang. (4) Safety (SF), berdasarkan pada kemungkinan terhadap resiko keselamatan kerja dan jumlah pekerja yang mempengaruhinya.(5)Regulatory/Environmental Compliance (RC) didefinisikan sebagai pengaruh kegagalan yang menciptakan tuntutan hukum atau denda. (6) Plant Efficiency (PE) didefinisikan sebagai pengaruh kegagalan terhadap pengurangan tingkat efficiency plant.(7)Recovery Time (RT) diidefinisikan sebagai lama waktu pemulihan jika terjadi terjadi kegagalan pada peralatan tersebut. 
  • OCR (Operation Criticality Ranking), menggunakan dua parameter yaitu berdasarkan berapa lama waktu kegagalan aset yang mempengaruhi kegagalan fungsional sistem induk dan ketersediaan untuk memback up / redudansi peralatan tersebut. 
  • Failure Probability Ranking Criteria (AFPF) disetujui sebagai skala jumlah yang meliputi range dari yang paling tidak handal (10) sampai yang paling handal (2) dimana masing-masing kriteria mempunyai kondisi yang menjadi dasar penilaian.

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular