10.3.16

Reliability Centered Maintenance menurut Wikipedia

Reliability Centered Maintenance (RCM) adalah proses yang memastikan bahwa sistem beroperasi terus menerus sesuai dengan keinginan dari pengguna. Merupakan tools umum yang di gunakan untuk perbaikan untuk tujuan meminimalkan pemeliharaan. Keberhasilan pelaksaanaan RCM adalah peningkatan efektivitas biaya, keandalan, up time mesin dan pemahaman tentang tingkat resiko thd organisasi yang di kelolal.
Istilah "Reliability-centered maintenance" pertama kali digunakan dalam makalah publik yang Ditulis oleh Tom Matteson , Stanley Nowlan , Howard Heap , engineer di United Airlines (UAL) untuk menggambarkan proses yang digunakan untuk menentukan  kebutuhan pemeliharaan yang optimal untuk pesawat.

Dimulai pada akhir 1980-an, sebuah inisiatif independen yang dipimpin oleh John Moubray dikoreksi beberapa kelemahan di awal proses, dan diadaptasi untuk digunakan dalam industri yang lebih luas. John juga bertanggung jawab untuk mempopulerkan metode dan untuk memperkenalkan kepada banyak masyarakat industri di luar industri Aviation.

John Moubray, dalam bukunya RCM2 Reliability Centered Maintenance sebagai proses untuk menetapkan tingkat minimum yang aman untuk pemeliharaan. Hal ini didefinisikan dalam standar teknis SAE JA1011, Kriteria Evaluasi untuk Proses RCM, yang menetapkan kriteria minimal proses apapun sebelum dapat disebut RCM. Ini dimulai dengan tujuh pertanyaan di bawah ini, bekerja melalui dalam urutan yang terdaftar:

    1. item apa yang seharusnya dilakukan dan standar kinerja yang terkait?
    2. Dalam hal apa saja sebuah peralatan gagal untuk menyediakan fungsi yang dibutuhkan?
    3. peristiwa apa yang menyebabkan suatu kegagalan?
    4. Apa yang terjadi ketika terjadi kegagalan ?
    5. Dalam hal apa tidak setiap masalah kegagalan?
    6. Apa ada cara yang sistematis dapat dilakukan secara proaktif untuk mencegah, mengurangi sampai dengan ke tingkat yang reliable?
    7. Apa yang harus dilakukan jika Preventive maintenance tidak dapat ditemukan?

RCM adalah kerangka rekayasa yang memungkinkan definisi dari perawatan lengkap. Ini menganggap perawatan sebagai sarana untuk mempertahankan fungsi seoptimal mungkin. Sebagai suatu disiplin memungkinkan seorang user untuk memantau mesin, menilai, memprediksi dan umumnya memahami kerja dari aset fisik mereka. Hal ini dapat diwujudkan dalam bagian awal dari proses RCM yaitu  mengidentifikasi konteks operasi peralatan , dan menulis Failure Mode efek dan Analisis Kekritisan (FMECA) sehingga diperoleh taks-task yang di gunakan dalam melakukan preventive maintenance berupa work package.

RCM dapat digunakan untuk membuat strategi perawatan yang efektif untuk mengatasi penyebab dominan dari kegagalan peralatan. Ini adalah pendekatan sistematis untuk menentukan program prioritas pemeliharaan.Mana penyebab dominan kegagalan peralatan dan langsung di buat program untuk mengatasinya.RCM menekankan penggunaan Predictive Maintenance (PdM) teknik selain langkah-langkah pencegahan tradisional.

Dalam Proses RCM ada tiga risiko utama dari kegagalan peralatan: resiko untuk keselamatan, operasi, dan untuk anggaran pemeliharaan. saat uni resiko  terhadap lingkungan klasifikasi terpisah, meskipun sebagian besar bentuk mengelolanya dengan cara yang sama dengan resiko terhadap keselamatan.

RCM menawarkan lima pilihan utama di antara strategi manajemen risiko:

    1. task pemeliharaan prediktif
    2. Restorasi pencegahan atau tugas pemeliharaan Penggantian preventif,
    3. tugas-tugas pemeliharaan detektif
    4. Run-to-failure, dan
    5. perubahan desain hardware, operasi, atau hal-hal lain.

RCM juga menawarkan kriteria khusus untuk menggunakan ketika memilih strategi manajemen risiko untuk sistem yang menghadirkan risiko tertentu ketika gagal. Standar RCM (SAE JA1011) memberikan kriteria minimum yang proses harus mematuhi jika mereka disebut RCM. Meskipun standar umum, ia menyediakan referensi bagi perusahaan yang ingin menerapkan RCM untuk memastikan mereka mendapatkan proses, paket perangkat lunak atau layanan yang sejalan dengan laporan asli.

(Sumber : Wikipedia.org)

0 Comments: