9.11.11

Hari Pahlawan dan 11 November

10 November memang identik dengan hari pahlawan. Latar belakang adalah kisah heroik pemuda-pemuda Kota Surabaya yang berperang melawan pasukan belanda 10 november 1945. Perang yang sangat timpang dimana pemuda dengan senjata seadanya melawan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) sebuah organisasi bentukan Belanda yang membonceng tentara Inggris yang bertugas melecuti tentara Jepang di Indonesia.

Dalam perang inilah muncul insiden yang yang sangat terkenal d buku-buku teks sejarah yaitu Insedn di Hotel Yamato dimana bendera belanda merah, putih dan biru di sobek birunya oleh para pemuda sehingga tinggal merah putih, bendera Indonesia. Selain itu kematian brigadir jenderal Mallaby, jenderal yang memimpin pasukan Inggris oleh pasukan pejuang Indonesia. Kematian inilah yang menyebabkan Inggris dengan ribuan tentara mengultimatum semua pimpinan dan orang Indonesia yang ada di Surabaya untuk menyerahkan diri. Karena tidak di indahkan maka 10 November 1945 Inggris menyerang Surabaya baik jalur darat, laut dan udara.

Walau akhirnya kalah dan ribuan orang pejuang gugur namun semangat pertempuran dan pantang menyerah menyebabkan pertempuran Surabaya sangat memukul pasukan tentara Inggris,karena seharusnya hanya 3 hari tetapi sampai 3 minggu.(wikipedia.org)

Makanya untuk mengenang jasa para pejuang yang gugur setiap tanggal 10 November di seluruh Indonesia di peringati sebagai hari Pahlawan. Tapi sayang di tahun 2011 ini bertepatan dengan tanggal cantik 11 November 2011 yang disingkat 111111, dimana masyarakat lebih menunggu tanggal 11 November daripada tanggal 10 November. Banyak yang menikah, banyak yang mmbuat acara di tanggal ini dan yang pasti lebih canti. Semoga makna 10 November masih melekat di dada kita.

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular