22.3.12

Paederus alias Tomcat dan pencegahannya


Paederus adalah genus kecil dari keluarga kumbang  Staphylinidae ("kumbang pengembara"). Karena mempunyai racun jenis hemolymph dimana salah satu gejala iritasi pada kulit maka di namakan  Paederus Dermatitis di Indonesia di kenal dengan nama Tomcat.

Seperti pada kumbang lainnya Tomcat juga memiliki sayap tetapi pendek berada di bawah elytra (lapisan agak keras). Spesies paederus tersebar di seluruh dunia dengan ciri-ciri berwarna cerah dengan elytra berwarna biru atu hijau metalik dab oranye terang atau merah. Warna-warna terang untuk menakuti musuhnya, karena warna terang identik dengan hewan beracun.
Paedirus aktif siang ataupun malam hari. Ketika malam akan tertarik pada cahaya terang.

Paedirus atau tomcat tidak menggigit atau menyengat tetapi ketika kontak dengan hewan ini maka akan terkena iritasi akibat racun pedirin berupa cairan hemolimf yang di produksi bukan oleh kumbang ini tetapi oleh bakteri endosymbiont.

Iritasi kulit terjadi saat orang ingin menghilangkan atau mengibaskan kumbang ini. Setelah kontak dengan kumbang ini akan menyebar pada daerah kulit yang lain. Dalam waktu 12-36 jam timbul kemerahan yang berkembang pada lecet dan mengelupasnya kulit luar. Kejadian ini sampai berlangsung 2 sampai 3 minggu. Paedirus mempunyai panggilan yang berbeda di tiap negara seperti whiplash dernatitis, spider lick dan nairoby fly dermatitis dan tomcat di indonesia. Untuk menghindari terjadinya iritasi jika sudah terkena tomcat adalah :
  1. Cukup untuk membersihkan bagian tubuh yang tersengat dengan air dan sabun. Hal ini dilakukan untuk menetralisir racun. 
  2. Setelahnya kompres dengan menggunakan air dingin.
  3. Jika ruam pada kulit mulai terlihat, Anda dapat menggunakan bagian dalam dari lidah buaya. Hal ini dimaksudkan untuk meringankan gejala di daerah yang tersengat.
  4. Apabila tidak kunjung berkurang, segera ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut

Saat ini paedirus sudah menjadi wabah di sebagian derah indonesia terutama Jawa Timur. Selain Indonesia, tomcat juga pernah menyerang kota di Srilanka, Pabrik mainan bangunan di China tengah, Irak dan Australia.

Sumber : Wikipedia.org tentang paederus, mediaindonesia.com dan jurnal dermatologi.

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular