1.1.06

Belajar Menulis (1)

Menulis itu sulit?
Masih ingat ketika saya mencoba menulis sebuah opini untuk buletin kampus tempat saya kuliah,tetapi saya merasa sangat sulit mengungkapka ide untuk dijadikan tulisan. Boro-boro dapat satu halaman, membuat satu paragraf sudah mandeg, sulit untuk bisa dikembangkan dan dilanjutkan. Setelah "berjuang" beberapa hari akhirnya tulisan itu jadi, walaupun dalam hati merasa tidak puas dengan tulisan sendiri, seperti ada perasaan kurang dari tulisan itu.

Berhasil membuat satu tulisan tidak membuat semakin percaya diri menulis tetapi malah semakin membuat tidak PD, saya semakin takut menulis. Hingga suatu saat saya mengikuti Diklat jurnalistik yang didalamnya ada materi teknik menulis. Pemateri yang merupakan salah satu senior saya memberikan tugas pada saya dan taman-teman yang mengikuti diklat tersebut untuk membuat tulisan dengan tema bebas tetapi diberi waktu hanya 10 menit.Akhirnya dengan waktu 10 menit saya dan teman-teman berhasil membuat tulisan.Ada kata-kata senior saya yang terus saya ingat setelah semua tulisan dikumpulkan, dia berkata " Sebenarnya anda-anda semua adalah bisa menulis tinggal kemauan saja". Deg...benar juga ya,pikirku.
Kemarin saya sempat membaca tulisan dengan judul "Belajar Menulis" dalam sebuah blog, yang tidak sengaja saya buka ketika sedang searching di google.com. Dari tulisan itu maka lebih terbuka pandangan saya tentang menulis.Dalam menulis ternyata memerlukan dua tahap untuk menghasilkan tulisan yang baik, yaitu tahap menulis dan tahap mengedit. kebanyakan orang melakukan kesalahan fatal dimana menulis dan mengedit dilakukan bersamaan sehingga apa yang terjadi adalah kita akan bingung sendiri tentang tulisan kita sendiri dan sering juga kehilangan ide ketika mau melanjutkan tulisan kita.Itulah ternyata yang saya alami ketika membuat tulisan pertama kali.

Jadi apa yang perlu dilakukan ketika kita menulis?.Pertama adalah menulislah secara cepat, semua ide yang ada dikepala kita keluarkan semua. Jangan memperdulikan hasil tulisan,jelek,tidak nyambung,berantakan. Yang terpenting adalah ide-ide kita bisa dikeluarkan.Nanti setelah tulisan itu jadi,baru diadakan pengeditan untuk memperbaiki dan mempercantik tulisan.Memang sulit sih, apalagi yang tidak terbiasa, tetapi yakinlah bahwa anda bisa, karena menulis tidak tergantung pada bakat tetapi tergantung pada kemauan. salah satu dosen bilang bahwa kesuksesan itu tidak didasarkan pada bakat tetapi didasarkan pada semangat, dosen tersebut mengatakan bahwa 97% semangat baru 3% adalah bakat.Jadi semua orang bisa menulis.

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular