11.9.18

Mesin-mesin yang terdampak penggunaan Bio Solar B30

Seperti yang telah disampaikan dalam artikel karakteristik bahan bakar bio solar B30, salah satunya adalah menurunnya nilai kalor yang dihasilkan per kg bahan bakar, jadi dampaknya semakin banyak bahan bakar yang diperlukan untuk menghasilkan energi yang sama jika menggunakan minyak solar.Berikut Jenis mesin yang pasti terdampak dengan pemberlakuan Bio Solar B30 :

1. Mobil bermesin diesel
Mobil bermesin diesel seperti truk, bus dan minibus (elf),dll. Seperti di lansir di liputan6.com, bahwa Asosiasi Pengusaha truk indonesia (aptrindo) memperkirakan penggunaan B30 akan lebih boros, Jakarta-Surabaya yang sebelumnya 230 liter misalnya menjadi 260 liter solar.

2. Kereta Api
Kereta api sebagian besar menggunakan mesin diesel sehingga penggunaaan solar sangat tinggi. dengan berlakukan bio solar B30 pasti akan berpengaruh.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel
Sebagian besar pembangkit PLN di Luar Jawa adalah PLTD, dengan penggunaan B30 pasti akan berpengaruh. Bisa lebih cepat kotor dan juga ada anomali pembakaran yang tidak stabil


4. Pembangkit Listrik Tenaga Uap
Selain PLTD PLTU terutama PLTU Batubara juga terdampak dengan penggunaan bio solar B30, karena sebelum menggunakan batubara, untuk penyalaan awal di boiler menggunakan solar sebagai bahan bakarnya.

Selain itu seluruh mesin yang menggunakan mesin diesel pasti akan terdampak, misalnya mesin pengolahan, dsb.

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular