25.11.17

Software Wajib Menghitung Reliability


Untuk menghitung nilai Kehandalan pembangkit ada 3 software wajib yang di gunakan, semuanya berasal dari reliasoft. Kenapa reliasoft? karena semua software yang digunakan terintegrasi satu sama lain sehingga lebih mudah digunakan. Satu-satu akan di jelaskan secara singkat :
 
 
 
 
 

Software RGA
RGA atau Reliability Growth Analysis adalah suatu software yang memungkinkan untuk menghitung kehandalan secara berjalan terus menerus dan menganalisanya. Maksudnya "Growth" disini adalah distribusi failure (kerusakan), kegagalan peralatan di tiap waktu tertentu di amati dan dilakukan trending sehingga terbentuk pola terjadinya kegagalan. pola inilah yang akan di gunakan untuk memprediksi kegagalan yang akan datang. RGA digunakan untuk menghitung nilai kehandalan untuk peralatan yang bisa dilakukan perbaikan atau yang biasa di kenal dengan MTBF (Mean Time Beetween Failure) dan itu sudah di bahas di sini. Sedangkan output dari perhitungan RGA adalah mengetahui distribusi kerusakan berupa beta dan lamda.
 
Software Weibull
Hampir sama dengan RGA tetapi untuk weibull digunakan untuk peralatan yang tidak bisa di lakukan repair atau yang di kenal dengan MTTF (Mean Time To Failure)
 

Software Blocksim
Blocksim merupakan software yang merangkai semua analisa yang di gunakan. jadi begini semua inputan failure dimasukan ke dalam RGA atau weibull dimana failure itu adalah peralatan. Nah untuk menghitung kehandalan per peralatan bisa langsung menggunakan RGA atai weibull. tetapi untuk menghitung sytem peralatan atau malah sampai satu plant maka tidak bisa dilakukan oleh RGA atau Weibull, nah software yang digunakan adalah Blocksim.

Mungkin sementara penjelasan singkat terkait software reliability / kehandalan pembangkit, kedepan mungkin ada tulisan tentang contoh perhitungannya. Di tunggu saja..
 
Referensi : http://www.reliasoft.com/
 




 

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular