4.12.11

10 Media Berita Online Paling Populer di Indonesia

Dunia internet sepertinya menjadi ajang peperangan baru bagi perusahaan media besar. Berikut 10 media berita online terkemuka dan populer di Indonesia, dimana sebagian besar di miliki oleh konglomerat atau grup media besar.

Detik.com
Detikcom adalah media berita online yang paling update saat ini, pada awalnya detikcom hanya mengandalakan media online saja tetapi setelah Detikcom di akuisisi oleh Trans Corpora 3 Agustus 2011 maka Detikcom berada dalam kelompok CT Corp, milik taipan media Chairul Tanjung. Trans Corpora juga mengelola Trans TV dan Trans 7.

Kompas.com
Kompas.com merupakan portal berita di bawah Kelompok Kompas Gramedia (KKG), kelompok media terbesar di Indonesia milik Jacob Utama. Pada awalnya keberadaan kompas.com digunakan untuk menunjang harian Kompas, tetapi saat ini Kompas.com mampu menunjukan sebagai media online yang terdepan dalam pemberitaan tidak kalah dengan detikcom, bahan pada 24 November 2011 Kompas.com memenangi silver award sebagai Best Newspaper Website di Asia oleh WAN-IFRA, sebuah asosiasi surat kabar dunia. Selain kompas.com KKG juga mempunyai portal tribunnews.com, portal berita jaringan koran daerah yang dimiliki oleh Kelompok Kompas Gramedia

Vivanews.com
Inilah media online yang di kelola oleh Bakrie & Brothers melalui PT. Viva Media Baru, dimana grup Bakrie juga mempunyai media televisi melalui ANTV dan TVONE. Media online yang termasuk baru yaitu didirikan 2008 tetapi saat ini termasuk media berita yang cukup populer. Berita-berita di vivanews termasuk yang paling cepat update.

Okezone.com
Situs berita di bawah bendera Media Nusantara Citra (MNC) yang juga mengelola RCTI, MNCTV, Global TV dan koran Sindo. MNC di milik oleh Hary Tanisodibyo Di dalam grup MNC. Okezone mulai tersaingi dengan adanya portal berita baru Sindonews.com, dengan format yang hampir sama.

Inilah.com
Inilah portal baru yang cepat populer. Dengan tampilan yang menarik dan lebih bagus, inilah.com diramalkan akan bersaing dengan situs berita terkemuka lainnya. PT. Indonesia News Center, sebagai pemilik inilah.com belum berafiliasi dengan grup media manapun.

Liputan6.com
Merupakan portal berita online yang dikelola oleh PT. Surya Citra Media, yang juga pemilik stasiun televisi SCTV dan Indosiar.

Mediaindonesia.com
Merupakan portal berita dari harian media Indonesia, koran yang di miliki Surya Paloh melalui Media Group.  Media Group juga mempunyai stasiun televisi berita Metro TV.

JPNN.com
Jawa Post Natonal Network (JPNN) merupakan portal berita yang berasal dari koran-koran seluruh jaringan Jawa Pos di Indonesia, walaupun hampir semua koran di grup Jawa Pos mempunyai portal berita sendiri-sendiri.

Tempo.co
Ini merupakan portal berita milik grup media  Tempo. Selain  tempo.co juga memiliki majalah Tempo dan koran Tempo. Tempo terkenal karena reportase yang dalam terhadap kasus tertentu.

Republika.com
Portal berita yang berafiliasi dengan harian republika yang di miliki oleh PT Mahaka media, sebuah grup media pemilik Jak TV, Alif TV, radio Prambors, dll

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular