9.11.11

Lube Oil Gear Box Coal Mill

Lube oil Coal Mill berfungsi sebagai peralatan yang digunakan untuk pelumasan pada roda gigi, thrust bearing, dan bearing coupling ke motor pada sebuah gearbox. Selain sebagai pelumas, oil juga berfungsi sebagai pendingin dan pembersihan dari kotoran yang berakibat negatif pada mesin.

Prinsip kerja pelumasan adalah oil pump tipe screw dijalankan dan akan memompa oil di tanki oil bagian bawah gearbox (Reservoir) kemudian oil di supply ke heater via sebuah pipa, oil akan mengalir ke salah satu duplex oil filter dan kemudian ke oil cooler, setelah itu oil di suplaikan ke titik-titik lubrikasi.

Lube oil harus di ganti jika terjadi perubahan warna pelumas menjadi lebih pekat (gelap), Adanya endapan atau partikel padat (lumpur), Adanya temuan korosi di permukaan logam, Ada bau yang menyengat. Agar kondisi pelumas dapat cepat diketahui maka perlu di lakukan pengetesan lube oil secara periodik oleh Laboratorium. Parameter yang perlu dilakukan pengetesan pelumas adalah :

  • Viscosity : Viskositas merupakan suatu ukuran tahanan yang diberikan oleh suatu bahan cair untuk mengalir pada suhu tertentu. Viskositas akan berubah dengan adanya perubahan temperatur
  • Flash Point : Titik nyala pada minyak pelumas adalah temperatur minimal dari minyak pelumas yang merupakan indikator mudah terbakar atau tidak mudah terbakarnya minyak pelumas tersebut pada temperatur operasi mesin.
  •  Freezing Point : indikator mudah atau tidaknya minyak pelumas tersebut membeku pada temperatur tertentu. Apabila minyak pelumas tersebut cepat membeku akan menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan karena minyak pelumas tidak dapat dipompakan dan pelumasan tidak terjadi.
  • Density : massa jenis pelumas atau bisa diartian sebagai besarnya massa peluma per satuan volume berguna untuk mengetahui besarnya mutu yang tampak dan kekentalan pelumas.

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular