17.3.09

Membasmi Virus Sality

Virus dan komputer dua hal yang berbeda tetapi saling terkait sehingga ketika dipisah akan mempunyai arti sendiri. Virus komputer menurut wikipedia adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Indonesia, tidak seperti dibidang lain dalam hal pervirusan tidak kalah dengan negara lain, virus-virus semacam brontok, trojan, autorun merupakan virus made in indonesia. Sepertinya kita perlu berbangga karena antivirus ini kadangkala tidak terdeteksi antivirus semacam Norton, Mcafee,Antivir, Avg ataupun Kaspersky eh malah terdeteksi sama PC MAV, antivirus lokal buatan PC media.

Permasalahan yang kemarin dihadapi komputer kami bukanlah virus lokal, tapi virus import yang disebut dengan istilah silit Sality atau Alman. Menurut beberapa sumber berdasarkan informasi dari mbah google menyebutkan bahwa sality akan menginfeksi file execution atau berekstensi .exe, efek dari virus ini pada sebagian program membuat program tidak bisa jalan sama sekali, namun pada sebagian program virus ini tidak terasa pengaruhnya, program berjalan seperti biasa, meskipun file exenya sudah terinfeksi dan windows system tidak bisa bisa masuk ke safe mode. Hal inilah yang saya alami berbagai antivirus semacam Kaspersky, Avira, Norton ternyata tidak berdaya karena virus akan langsung mengclose antivirus tersebut. Ada berbagai saran dari mbah google seperti mendownload sality remover atau mematikan system lewat task manager, Ah ternyata semuanya busyit alias gagal.

Setiap ada kesulitan pasti ada jalan keluarnya, ternyata mengatasi virus ini sangatlah mudah walau tidak saya pikirkan sebelumnya. Bahkan ketika dimintai tolong seorang sahabat yang laptop barunya terkena virus ini saya akhirnya mengatakan "saya menyerah" setelah bebera kali menginstall antivirus berbeda. Sahabat itupun dengan wajah murung mencoba untuk tabah menghadapi suatu hal yang baru dan pertama dalam hidupnya yaitu "serangan virus komputer". Akibat virus ini Ia dengan rela menunda kegembiraannya dengan adanya laptop baru. :)

Mengatasi virus ini ternyata mudah, silahkan download antivirus portable (tanpa guard) terus jalankan. Saya dalam hal ini memakai antivirus Ansav dan terbukti berhasil melumpuhkan virus sality menyebalkan ini, walaupun tidak tuntas. Setelah scan dengan Ansav selesai saya menginstall NOD32. Antivirus semacam Kasperky, Norton, Avg, Avirapun bisa dipakai dan jangan lupa untuk update terbaru antivirusnya. Setelah itu scan dan...crut...crut..sekitar 800 file exe yang terinveksi dibabat habis....dan lenyaplah virus menjengkalkan yang bernama Sality.

No comments:

Tulisan Terkait

Tulisan Popular