31.1.05

Seandainya surga dan neraka tak ada

Apakah kita semua, benar-benar tulus menyambah padaNya?Atau mungkin kita hanya, takut pada neraka, dan inginkan surgaJika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau sujud kepadaNya?Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau, menyebut namaNya?Bisakah kita semua benar-benar sujud, sepenuh hati?Karena sungguh memang Dia, memang pantas disembah, memang pantas dipuja..
(lagu "jika surga dan neraka tak pernah ada" ,Chrisye feat Ahmad Dhani)
Kalau melihat lirik lagu diatas, muncul suatu kegaguman tersendiri bagaimana kedalaman dari Ahmad dhani, yang telah memahami makna dari menyembah, tidak sekedar menyembah. Jika Neraka dan Surga benar-benar tidak ada, apa yang kita lakukan?. Menjauh atau semakin dekatkah dengan Allah sang maha pencipta. Seharusnya sebagai manusia sebagai seorang "hamba" tidaklah menuntut balasan dari segala yang dilakukan, ituah mungkin pesan yang ingin disampaikan dalam lagu ini.
Ingatlah seorang tokoh sufi Rabi'ah Al adawiyah pernah berdoa, "Ya Allah, jikalau Aku menyembahmu karena takut apa neraka, maka dekatkan aku pada neraka. Tapi jikalau aku menyembahmu hanya mengharap surga, maka jauhkan aku dari surga. Tapi kalau Aku menyembahmu hanya karena tulus menginginkanMu, maka masukkan aku dalam belaian kasihMu"sebuah keihlasan yang sangat luar biasa....................

1 comment:

Anonymous said...

Looking for information and found it at this great site...
» »

Tulisan Terkait

Tulisan Popular